Wednesday, June 26, 2013

Cara menggunakan paste function pada microsoft excel

Paste function digunakan untuk membantu dalam menggunakan fungsi-fungsi build-in pada excel, mulai dari proses pemilihan fungsi yang paling sesuai untuk digunakan sampai pada koleksi penggunaan fungsi tersebut. Pilihan perintah function dari menu insert atau klik icon function yang terdapat dalam toolbar untuk membuka kotak dialog paste function.
Untuk memilih salah satu fungsi yang dikehendaki, ketiklah kategori fungsi tersebut dari daftar drop-down Function category, dan dilanjutkan dengan memilih fungsi yang dimaksud dari daftar drop-down function name. Sebagai contoh bila kita menginginkan fungsi sinus hiperbolik (sinh) maka kliklah Math & Trig dari dafar drop-down function category, dan dari daftar dropdown function name pilihlah nama fungsi sinh.
Jika kita tidak tahu pasti nama yang harus digunakan, kita dapat memanfaatkan bantuan dari office assistant, yaitu dengan langkah-langkah berikut.
  1. Klik tombol tanda tanya yang terdapat dibagian bawah kotak dialog paste function untuk mengaktifkan office assistant
  2. Dari dua pilihan yang tersedia pada office assistant kliklah opsi help with this feature untuk tombol search
  3. klik kotak teks yang tersedia, dan ketiklah kata bantu yang kita ketahui untuk mendapatkan fungsi yang dikehendaki. Sebagai contoh ketiklah "condition" bila kita ingin mencari fungsi-fungsi yang berhubungan dengan persyaratan
  4. Klik tombol search.
Maka excel akan merekomendasikan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan persyaratan, FALSE, IF, NOT, OR, TRUE, dan END. Setelah kita memilih fungsi yang dikehendaki kliklah OK pada kotak dialog paste function sehingga palet formula akan ditampilkan.
Dari fungsi palet formula ini kita dapat mengisikan argumen yang diperlukan untuk fungsi yang bersangkutan. Sebuah argumen dapat berupa sebuah sel referensi, sekelompok sel, sebuah bilangan, atau fungsi lainnya. Sebagian fungsi memerlukan sebuah argumen saja, sedangkan sebagian yang lainnya memerlukan lebih dari satu argumen. Argumen-argumen suatu fungsi selalu diapit dengan tanda kurung, dan masing-masing dipisahkan dengan tanda koma.
Untuk memasukkan data argumen, ikutilah langkah-langkah berikut.
  • Kliklah kotak argumen pertama, palet formula akan menampilkan deskripsi argumen dalam area dibawah kotak teks argumen
  • Masukkanlah harga-harga yang digunakan untuk argumen, atau klik tombol referensi sel untuk menuju worksheet dan memili sel-sel untuk argumen
  • Klik tombol referensi sel sekali lagi untuk kembali ke palet formula. Hasil formula akan ditampilkan di bawah palet
  • Klik tombol OK pada palet formula untuk memasukkan fungsi ke dalam sel. Palet formula akan dihilangkan dan hasil formula ditampilkan dalam sel.
Selamat mencoba. semoga bermanfaat. Gbu.

No comments:

Post a Comment